31 Desember 2007

Menulis atau ...

Ternyata menulis menggunakan bahasa ibu(sunda) lebih susah dibanding pake bahasa indonesia. Padahal saya sehari-hari ngomong pake bahasa sunda. Bahkan ngelamun pun pake bahasa sunda, ga bahasa indonesia (komo bahasa inggehis :P). Tapi ketika ada suatu ide dan hendak ditulis, kosakata yang muncul sangat sedikit. Beberapa kali saya salah ketik, salah ucap, salah tulis. Walaupun di benak nulis bahasa sunda, di keyboard yang diketik malah bahasa indonesia.

Mungkin saya terlalu hati-hati dalam menulis dalam basa sunda. Takut salah, nulis pake bahasa kasar, atau bahasa lemes, bukan bahasa loma (walaupun saya udah ga tau lagi batas-batas antara basa kasar-loma-lemes-bahkan basa dusun hehe).

Jadi mikir, saya aja yang biasa ngomong basa sunda susah nulis basa sunda, apalagi orang lain yang udah biasa ngomong bahasa indonesia? Tapi mending Husnudzan saja, mungkin hanya saya aja yang ga bisa nulis, atau belum biasa nulis, sedemikian sehingga susah menuliskannya.

Tidak ada komentar: