15 Oktober 2007

Lebaran 1

Lebaran tahun ini beda. Jika pada tahun-tahun sebelumnya warga ciapus melaksanakan shalat Ied di pajagalan Banjaran, tahun ini beda. Ya, mulai tahun ini sholat diadakan di ciapus, terpisah dengan banjaran.
Memang banyak yang pro dan kontra dengan keputusan ini. Tapi kan dakwah harus terus berkembang, jangan jumud, kalau istilah dindin dari dpm mah. Lagi pula tempat di pajagalan sudah kurang representatif, karena jumah jamaah yang shalat tidak sebanding dengan lahan yang semakin sempit akibat pembangunan pesantren. Sering jamaah yang kebagian di jalan (terutama ibu-ibu) tidak bisa beribadah dengan khusu, karena suara imam atau khotib tidak terdengar.
Karena itulah untuk tahun ini dicoba shalat ied di Ciapus. Tempatnya di lapangan voli, ngga terlalu jauh dari mesjid. Awalnya timbul kekhawatiran jamaah yang shalat di ciapus tidak akan banyak, paling sebanyak yang suka tarawehan kemarin. Tapi alhamdulillah ternyata lapangan voli bisa dipenuhi oleh jamaah, bahkan para ibu-ibu sampai meluber ke luar lapangan. Juga para bapak-bapaknya.
Menurut uwa saya, sepertinya shalat ied tahun depan bakal lebih banyak lagi yang akan hadir. Semoga saja.

Tidak ada komentar: