10 Desember 2007

Jalur offroad di Cibaduyut

Tak banyak yang tahu bahwa sekarang ada jalur offroad atau motocross di daerah Cibaduyut. Padahal jalur itu sudah lumayan lama ada, hampir setahun terakhir. Jalur itu tepatnya berada di daerah Rancamanyar, pokoknya daerah perumahan Rancamanyar.

Cuma sayangnya jalur itu nggak berada di sirkuit khusus. Jalur itu adanya di jalan umum, jalan yang biasa dipakai orang berlalu lintas dari Pameungpeuk Banjaran ke kota Bandung.

Dan memang sebenarnya itu bukan jalur resmi motocross. Tapi mirip. Bahkan mungkin lebih menantang daripada jalur asli yang sengaja dibuat.

Jalan di daerah Rancamanayar itu memang sangat berlubang. Bahkan sebagian diantaranya sudah nggak ada aspalnya. Hanya batu-batu saja. Mending kalau batunya kecil-kecil. Ini mah besar-besar. Kata orangmah jalan teh meni borok.

Kalau lagi musim halodo, jalanan jadi berdebu. Kalau hujan, lebih parah. Selain becek (karena berlumpur), sebagian badan jalan juga jadi tergenang air, karena banyaknya kolam di tengah jalan. Kolam itu sepertinya bisa dipakai beternak lauk, tinggal dikasih bibit lauk saja. halah.

Saya sudah senang ketika jalur pertigaan Cibaduyut dibeton. Suganteh pembetonan itu bakal diteruskan sampai daerah rancamanyar. Tapi ternyata tidak. Akhirnya, sampai sekarang jalanan masih borok, jerawatan, berlubang, dan berdebu.

Pa Obar, geus we jalur etamah tong dibenerkeun deui. Sakalian jadikeun jalur offroad enyaan we, Bar! Kagok ruksak lah. Da mun angger teu dibenerkeunmah, kalahkah ngarusak motor urang.

1 komentar:

Lida Handayani mengatakan...

Han, Han, Han, kalem, Han! Eta aya batu tah di dinya baledogkeun ka si Obar! Sing bener, sing presisi. Kade ulah katimbul supirna, karunya!

[...]